Membludak, Peserta Imunisasi Difteri di Kelurah Pekayonjaya

administrator 22 Desember 2017 daerah
imgdetail2017122210130064.jpg

 

Bekasi Selatan - Galih masih terlihat meringis sambil memegangi lengannya yang baru saja disuntik imunisasi Difteri. Bocah berusia 6 tahun ini memang baru saja ikut program Gebyar ORI (Outbreak Response Immunization) yang digelar di Kantor Kelurahan Pekayonjaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (21/12).

Kegiatan imunisasi yang dilaksanakan Puskesmas Pekayonjaya ini merupakan tindak lanjut dari program imunisasi serempak yang dicanangkan Pemkot Bekasi sejak Senin (18/12) lalu, untuk menangkal wabah penyakit Difteri yang merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB) di negara ini. Pihak Puskesmas Pekayonjaya menargetkan sebanyak 14.000 anak yang mendapatkan imunisasi guna mencegah meluasnya wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphtheriae dan menyerang kelenjar hidung dan tenggorokan, serta dapat mempengaruhi kulit ini.

Kepala Puskesmas Pekayonjaya dr Agung Insani Firdaus menjelaskan pemberian imunisasi ini untuk kalangan anak usia 1 tahun hingga 19 tahun. "Anak yang akan mendapatkan imunisasi harus sehat jasmani dan rohani. Tapi jika hari ini ada anak yang sakit dan terpaksa tertunda menerima imunisasi, bisa datang ke Puskesmas di lain hari karena kami tetap melayani pemberian imunisasi ini setiap hari kerja," ungkapnya.

Agung menyatakan Gebyar ORI ini melibatkan 6 orang tenaga medis dari Puskesmas Pekayonjaya dan dibantu 5 orang bidang praktek swasta. "Kami bersyukur karena mendapatkan dukungan dari para bidan praktek yang secara sukarela membantu kami hari ini," paparnya.

Selain itu, Agung juga mengapresiasi peran serta pihak Kelurahan Pekayonjaya dalam kegiatan Gebyar ORI ini. "Kami memang selalu bersinergi, saling membantu dan mendukung program kerja yang kami laksanakan untuk masyarakat," tegas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pekayonjaya Encup Supratman secara tegas menyampaikan dukungannya terhadap seluruh kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan pihak Puskesmas. "Bagaimana pun, program kerja kami saling mendukung dan berkaitan erat dalam rangka membangun lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg