Program PTSL di Kota Bekasi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan 500 Sertifikat Tanah

administrator 02 Maret 2018 daerah
imgdetail2018030211120009.jpg

Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala BPN RI) Sofyan A Djalil secara simbolis menyerahkan 500 sertifikat tanah untuk masyarakat Kecamatan Bantargebang 

Bekasi Timur - Menteri Agraria dan Tata Ruang (Kepala BPN RI) Sofyan A Djalil secara simbolis menyerahkan 500 sertifikat tanah untuk masyarakat Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Kamis (1/3). Seluruh sertifikat tanah ini merupakan hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN Kota Bekasi tahun 2017.

Penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat secara gratis ini disaksikan langsung Pjs Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah, Wakil Kepala Polrestro Bekasi Kota AKBP Wijanarko, dan perwakilan dari Kodim 0507/BKS. Selain itu juga hadir Camat Bantargebang Asep Gunawan dan Lurah Cikiwul Warsim Suryana.

Melalui sambutamnya, Sofyan A Djalil menegaskan program PTSL ini merupakan kebijakan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk membantu masyarakat dalam hal kepemilikan surat tanah yang sah berupa sertifikat. "Pak Presiden Jokowi tidak mau lagi dengar masyarakat sulit mengurus sertifikat tanah, atau jangan lagi ada sengketa tanah, makanya Pak Presiden ingin seluruh tanah memiliki sertifikat," tegasnya.

Sementara itu, Ruddy Gandakusumah merespon positif program PTSL yang terlaksana sukses di Kota Bekasi. "Program ini sangat mendukung peningkatan taraf hidup dan kemakmuran masyarakat Kota Bekasi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor BPN Kota Bekasi Muhammad Irdan menjelaskan 500 sertifikat tanah ini merupakan hasil program PTSL tahun 2017. "Total target selama tahun 2017 adalah sebanyak 3.500 lembar sertifikat, dan alhamdulillah BPN Kota Bekasi kelar menyelesaikan target ini," jelasnya.

Irdan menyampaikan penghargaannya terhadap dukungan yang diberikan pihak Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka ikut serta mensukseskan program PTSL ini. "Kami berharap dukungan ini tetap berlanjut untuk kesinambungan program PTSL tahun 2018 di Kota Bekasi," imbuh dia.

Untuk tahun 2018, Irdan menyebutkan target yang harus diselesaikan BPN Kota Bekasi adalah mencetak 40.000 sertifikat tanah untuk masyarakat di lima kecamatan yang ada di Kota Bekasi, yakni Kecamatan Bantargebang, Mustikajaya, Rawalumbu, Bekasi Selatan, dan Bekasi Barat. "Kami optimis mampu menyelesaikan target ini dengan dukungan dan peran serta dari aparatur Pemkot Bekasi dan kalangan stakeholder lainnya," ulasnya.

Irdan berharap program PTSL membantu mengatasi permasalahan di masyarakat terkait legalitas atau ketetapan hukum terhadap bidang tanah miliknya masing-masing. "Jika persyaratan lengkap dipenuhi, kami pastikan prosesnya tidak akan lama dan tidak pula berbelit-belit," pungkasnya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg