Pepen Heran Terkait Isu Dana P3BK Tahun 2018 Dipangkas

administrator 05 Maret 2018 daerah
imgdetail2018030521070055.jpg

 

Bekasi Selatan - Entah dari mana asal-usulnya, beberapa koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) mempertanyakan adanya isu tentang pengurangan dana untuk Program Pembangunan Partisipatif Berbasis Komunitas (P3BK) Kota Bekasi tahun 2018. Isu itu menyebutkan dana P3BK untuk masing-masing kelurahan sebesar Rp 500juta.

Padahal, Rahmat Effendi saat masih menjabat Wali Kota Bekasi menjamin Pemkot Bekasi bakal menggelontorkan dana sebesar Rp 750juta untuk tiap kelurahan melalui program pembangunan stimulan yang dikelola pihak BKM ini. Dana itu diserap untuk berbagai pembangunan infrastruktur lingkungan, kegiatan Posyandu, dan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dengan dukungan dana swadaya masyarakat sebesar 30 persen.

Program yang pro masyarakat ini merupakan program yang digagas Rahmat Effendi selama menjabat Wali Kota Bekasi. Program ini menjadi program kebanggan Kota Bekasi yang akhirnya mendulang pengakuan positif dari tingkat nasional.

Koordinator BKM Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Sarmidi Samsudin, merasa bingung saat mendengar kabar bahwa dana P3BK tahun 2018 hanya sebesar Rp 500juta. "Kalau benar demikian, sama saja penurunan dong, padahal Pak Pepen (panggilan akrab Rahmat Effendi-red) pernah bilang dana APBD tahun ini Rp 750juta," ulas dia, Senin (5/3).

Dengan berubahnya nilai alokasi dana tersebut, Sarmidi mengaku menjadi repot jika harus merubah perencanaan seluruh program pembangunan yang bakal dilaksanakan BKM Ciketingudik. "Yang jelas jumlah Rutilahu penerima manfaat P3BK yang bakal diperbaiki juga bakal berkurang dari perencanaan," tegasnya.

Saat dihubungi terkait isu perubahan nilai anggaran untuk P3BK tahun 2018, Rahmat Effendi yang mencalonkan kembali sebagai Wali Kota Bekasi pada Pilkada 27 Juni mendatang, mengaku heran dengan kabar tersebut. "Memang siapa yang ngurangi? Aneh, dikurangi dari mana," jawabnya melalui aplikasi pesan singkat.

"Sampaikan dasar dikuranginya ada perubahan apa? Itu program prioritas dan kebanggan," lanjutnya.

Sementara itu, Indah Indri dari Bagian Humas Setda Kota Bekasi menjelaskan ridak ada pengurangan dana untuk P3BK tahun 2018. "Yang ada pengaturan pelaksanaannya, Rp 500 juta silahkan dilaksanakan kapan saja, yang Rp 250 juta dilaksanakan di Triwulan IV," jelasnya melalui aplikasi pesan singkat. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg