Pawai Taaruf MTQ Ke-35 Jabar, Kontingen Kota Bekasi Bawa Bang Bek dan Mpok Asih

administrator 14 April 2018 daerah
imgdetail2018041418390029.jpg

 

Sukabumi - Rangkaian kegiatan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-35 Tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan di Sukabumi telah dimulai. Hal ini diawali Pawai Taaruf oleh 27 Kontingen kota/kabupaten yang disaksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Pendopo Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/4).

Menurut Ahmad Heryawan, perhelatan ini menjadi ajang bersilaturahmi antar kontingen MTQ se-Jabar. Lebih lanjut Aher menginginkan bukan hanya menjadi gelaran rutin dua tahunan saja antar daerah se-Jabar.

"Tapi juga keahlian membaca, menghafal dan baca tulis Al Quran bisa lebih dimasifkan di wilayah Jawa Barat. Karena ia mengetahui 97 persen warga Jabar menganut agama Islam. Menurutnya negara dan agama  saling beriringan dan tidak bisa dipisahkan," papar Aher.

Pawai taaruf ini juga diikuti kontingen dari Kota Bekasi juga turut berpartisipasi serta mengirimkan peserta perlombaan MTQ Ke-35 di Kabupaten Sukabumi. Kontingen asal Kota Patriot ini komandoi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah, dengan jumlah 50 peserta kontingen Kota Bekasi yang ikuti pawai taaruf ini.

Saat pawai, rombongan Kota Bekasi memakai pakaian khas Bekasi, Baju encim khusus peserta perempuan dan baju bangsi untuk laki-laki.

Tidak lupa, khafilah Kota Bekasi membawa salah satu ikon Kota Bekasi, yakni boneka Bang Bek dan Boneka Mpo Asih. Dua ikon ini pun sudah dipatenkan pemerintah pusat dan bisa jadi buah tangan pengunjung domestik berlibur ke Kota Bekasi. 

“Dengan visi Kota Bekasi Maju Sejahtera dan Ihsan, serta motto juang sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai,” kata Ruddy Gandakusumah. 

Senada dengan harapan yang disampaikan Aher, nampaknya Ruddy pun ingin Kota Bekasi yang memiliki visi ihsan, dengan mengedepankan nilai-nilai religius tercermin di Kota Bekasi. "Semangat menjaga keharmonisan antar umat beragama juga terus dijunjung tinggi,” kata Ruddy menambahkan. 

Ruddy Gandakusumah didampingi sejumlah pejabat dan Ketua LPTQ Kota Bekasi diantaranya, Erwin Effendi, Dadang Hidayat, Abdillah, Kosim, M Ridwan, Junaedi,  dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi H Mujani, serta segenap pejabat dari Bagian Humas Setda Kota Bekasi. (Adv Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg