Gerak Sigap Polisi, Pelaku Penyebar Hoax 500 Gereja Berhasil Dicokok

administrator 25 Juni 2018 hukum
imgdetail2018062523450032.jpg

Pelaku Selebaran Hoax  tertangkap,  merupakan warga RT 005 RW 02 Kelurahan Bantar Gebang, Kecamatan Bantar Gebang

Bantargebang - Sesaat setelah adanya laporan, pihak kepolisian akhirnya berhasil mencokok pelaku penyebar selembaran palsu (hoax) yang mengandung unsur SARA. Sang pelaku yang tertangkap ini merupakan warga RT 005 RW 02 Kelurahan Bantar Gebang, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Ketua RW 02 Kelurahan Bantargebang, Ujang Harhara (43), menjelaskan pelaku bernama 'MH' (51) ber KTP warga Tasikmalaya. Saat ini pelaku sedang dalam proses pengamanan pihak Kepolisian Bantar Gebang.

Sebelum dibawa ke Polsek Bantargebang, saat diintrogasi oleh warga sekitar, kata Ujang, MH mengaku hanya menyebarkan selembaran hoax yang berisi perjanjian gereja tersebut dengan alasan untuk dakwah.

"Dia menyebarkan melalui pesan Whatshapp ke setiap warga sekitar RT05 dan RT01. Namun naas, warga yang telah mendapatkan pesan Whatshapp tersebut langsung melaporkan ke saya," ungkapnya.

Tempat yang sama, Yusuf selaku Ketua RT05 juga mengatakan bahwa 'MH' mengaku melakukan hal tersebut atas inisiatifnya sendiri. "Kalau dilihat prilakunya selama dua tahun ngontrak dilingkungan kami, dia termasuk warga yang tidak memiliki latar belakang negatif," pungkasnya.

Sebelumnya, Pendeta Yohanes Nur dari Badan Musyawarah Antar Gereja Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia Bekasi didampingi Hadi Sunaryo selaku Tim Advokasi Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi nomor urut 1, Rahmat Effendi dan Tri Adhianto, melapor ke Polresta Bekasi terkait penyebaran hoax yang berisi tentang peejanjian kerjasama dukungan dalam Pilkada Kota Bekasi dan rencana pembangunan 500 gereja di Kota Bekasi.

Dalam laporannya, Pendeta Yohanes Nur menyatakan adanya pencatutan namanya dan perkumpulan gerejanya dalam selebaran hoax tersebut. Ia juga menyatakan tanda tangan dan stempel yang tertera dalam selebaran itu adalah palsu. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg