Gali Potensi Pemuda, Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan

administrator 22 September 2018 daerah
imgdetail2018092220080052.jpg

 

Bekasi Selatan - Selama dua hari, seluruh pengurus Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dimulai pada hari Sabtu (22/9). Enam materi yang disampaikan para narasumber untuk menumbuhkan potensi para pemuda agar memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership.

Hari pertama, tiga materi yang disampaikan yakni terkait History Karang Taruna, Pemaharnan PDPRT, dan Leadership (Kepemimpinan). Sedangkan pada hari kedua, materi yang disampaikan meliputi Managemen Organisasi, Managemen Konflik, serra Teori dan Simulasi Persidangan.

Secara antusias, seluruh peserta mengikuti pelatihan ini. Terlebih lagi dalam setiap penyajian materi pelatihan, narasumber menyampaikannya secara interaktif untuk menghilangkan kejenuhan para peserta.

Menurut Ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, Latihan Dasar Kepemimpinan ini merupakan bekal utama para pengurus Karang Taruna dalam berorganisasi. "Sedangkan latar belakang diadakannya Latihan Dasar Kepemimpin ini adalah merespon permasalahan sosial di masyarakat yang semakin kompleks," ulasnya.

Darkam menegaskan setiap anggota dan pengurus Karang Taruna memiliki tanggung jawab moral sebagai kader karang taruna yang berkewajiban mendukung program kerja visi dan misinya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi 2018-2023 yaitu Cerdas, Kreatif Maju Sejahtera dan Ihsan. "Tentunya visi dan misi ini memberikan ruang kepada pemuda untuk menjadi bagian dalam proses pembangunan di Kota Bekasi agar lebih sukses lagi dimasa yang akan datang," paparnya.

Sementara itu terkait tujuannya, Darkam memaparkan, Latihan Dasar Kepemimpinan ini sesuai dengan yang tercantum  dalam Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT) Karang Taruna,  Permensos Nomor 77 Tahun 2010 dan Permensos Nomor 23 Tahun 2013, yaitu untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial. "Kegiatan ini merupakan implementasi upaya Karang Taruna untuk mewujudkan pemuda yang cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter," ujarnya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg