Program Pemprov Jabar, 20 Rutilahu Rampung Dibedah BKM Ciketingudik

administrator 08 Oktober 2018 ekonomi
imgdetail2018100813220035.jpg

 

Bantargebang - Wajah Saman terlihat bahagia bercampur haru saat menyaksikan rumah barunya sudah rampung diperbaiki. Warga RT 002 RW 04 Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, ini tidak perlu khawatir lagi rumahnya bakal roboh dan melukai anggota keluarganya.

Kondisi rumah Saman dahulunya memang sangat mengkhawatirkan dan dinilai sudah tidak layak huni lagi. Dengan dinding yang terbuat dari bilik bambu, Saman dan keluarga selalu merasa was-was saat tidur karena kondisi rumahnya yang sudah lapuk.

Saman merupakan salah satu warga mendapat program perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang dikucurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) tahun 2018 yang dikerjakan pihak Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ciketingudik. Untuk tahap I, sebanyak 23 Rutilahu yang ada di wilayah Kelurahan Ciketingudik bakal dibedah dan direnovasi.

Koordinator BKM Ciketingudik, Sarmidi Samsudin, menjelaskan hingga saat ini pihaknya sudah rampung mengerjakan perbaikan 20 unit Rutilahu. "Untuk tahun 2018 ini kami menargetkan bedah Rutilahu sebanyak 45 unit, tapi untuk tahap pertama sebanyak 23 unit Rutilahu," paparnya.

Sarmidi meyakini pihaknya bakal rampung mengerjakan sisa 3 unit Rutilahu yang akan dibedah dalam tahap I ini. "Setelah tahap pertama kelar, kami akan langsung mengerjakan perbaikan Rutilahu untuk tahap berikutnya," imbuhnya.

Sarmidi mengakui suksesnya program ini sangat ditentukan oleh dukungan swadaya dari masyarakat setempat. "Dukungan swadaya ini bisa dalam bentuk tenaga atau penyediaan konsumsi makanan dan minuman untuk para pekerja yang melaksanakan perbaikan rumah," ulas dia.

Sarmidi mengaku dirinya ingin aktif dalam lembaga BKM sebagai panggilan jiwa dalam rangka menggerakkan kepedulian sosial kepada masyarakat. "Apalagi di lingkungan Ciketingudik ini masih ada saja rumah yang tidak layak huni, dan sangat membutuhkan program renovasi dari pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, Syaifullah selaku Koordinator Kota Bekasi Program Rutilahu Jabar menyebutkan program bantuan perbaikan Rutilahu dari Pemprov Jabar ini dikhususkan untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. 

Untuk Kota Bekasi, kata Syaifullah, program perbaikan Rutilahu ini bergulir di 25 kelurahan. "Teknis pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan usulan dari pihak BKM, RT dan RW, pihak kelurahan dan dinas terkait di Pemkot Bekasi yang langsung mengusulkan ke Pemprov Jabar," ujarnya.

Sedangkan Lurah Ciketingudik Nata Wirya memberikan respon positifnya terhadap program perbaikan Rutilahu dari Pemprov Jabar ini. "Program ini memberikan manfaat nyata terhadap penataan pemukiman kumuh, khususnya di lingkungan Ciketingudik," katanya.

Pihaknya siap mendukung dan bekerjasama dengan pihak BKM dalam rangka mensukseskan program perbaikan Rutilahu ini. "Kami selalu melakukan pendataan bersama pengurus RT dan RW di seluruh pelosok lingkungan, sehingga program perbaikan Rutilahu ini benar-benar tepat sasaran dan dirasakan oleh masyarakat yang memang sangat membutuhkan," pungkasnya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg