Validasi Data Penerimaan Kompensasi Sampah Bakal Dilakukan Berkala

administrator 01 Desember 2016 daerah
imgdetail2016120106530004.jpg

Bantargebang - Jika penyaluran uang kompensasi sampah sudah diterapkan melalui rekening bank, maka data penerima 'uang bau' ini akan dilakukan secara rutin dan berkala. 

 

Hal ini untuk menghindari penyimpangan dan dugaan manipulasi data yang mungkin terjadi.

Dalam perbincangannya dengan bekasicenter,com, Selasa (29/11), Camat Bantargebang Asep Gunawan menjelaskan, penolakan mekanisme baru pencairan kompensasi sampah sempat gencar disuarakan masyarakat Kelurahan Ciketingudik. "Saya lalu menghimbau lurah agar melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman kepada pengurus RT dan RW setempat," ujarnya.

Menurut Asep, penggunaan rekening bank ini justru mempermudah warga penerima kompensasi sampah menerima hak mereka secara utuh. "Tidak ada lagi tuduhan soal manipulasi data karena dananya langsung ditransfer ke rekening warga yang bersangkutan," tegasnya.

Terhadap warga penerima yang sudah lanjut usia, Asep mengatakan tidak perlu repot ke Kantor BJB. "Karena nanti petugas BJB yang mendatangi warga yang sudah uzur atau Lansia," imbuh dia.

Pemerintah daerah, kata Asep, akan sesegera mungkin memberikan informasi mengenai jadwal pencairan dana kompensasi sampah setiap tiga bulan sekali. "Nanti camat memberitahukan kepada lurah dan lpm, sehingga bisa langsung meneruskan informasinya kepada seluruh warga. "Kan bisa manfaatkan tehnologi informasi, melalui telepon seluler, pesan singkat atau secara lisan langsung," ulasnya.

Lebih lanjut, Asep mengingatkan soal pentingnya melakukan validasi data penerima kompensasi sampah secara berkala agar selalu akurat.

 

"Setiap menjelang proses pencairan kompensasi, lurah bersama RT dan RW harus segera melakukan validasi, apakah ada warga yang pindah atau meninggal dunia, sehingga data warga penerima kompensasi sampah ini akan terus update dan akurat," tegasnya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg