Konsep Smart City, Pengamanan Perumahan Wisma Asri Dilengkapi C-Ling

administrator 04 Mei 2017 teknologi
imgdetail201705042046323.jpeg

Bekasi Utara - Kepedulian masyarakat lingkungan RT 004 RW 04 Perumahan Taman Wisma Asri, Kecamatan Bekasi Utara, terhadap sistem keamanan lingkungan patut dicontoh. Tidak tanggung-tanggung, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) yang diterapkan mengusung konsep Bekasi Smart City.

Selain kesiagaan petugas keamanan lingkungan, warga di perumahan ini juga meluncurkan program C-Ling atau CCTV Lingkungan. Sepuluh perangkat kamera pemantau (CCTV) yang sudah dipasang di beberapa lokasi demi mendukung program keamanan lingkungan ini.

Ketua RT 004 RW 04 Perumahan Taman Wisma Asri, Agus Dek, mengatakan peluncuran program C- Ling berdasarkan gagasan dan usulan kalangan warga. "Konsep Kota Cerdas atau Smart City yang digaungkan Walikota Bekasi ternyata mendorong warga berinisiatif untuk menerapkan secara nyata konsep Kota Cerdas ini, misalnya dengan meluncurkan sistem keamanan dengan menggunakan perangkat kamera CCTV yang terkoneksi langsung pada Ponsel setiap warga," paparnya.

"Bicara konsep kota cerdas bukan hanya penerapan sistem keamanan dengan menggunakan perangkat ini saja, namun banyak lagi, sistem drenase yang harus diterapkan lebih baik lagi. Pokoknya panjang untuk bicara konsep yang digadang oleh pemerintah kota," tegasnya.
Enurut Agus, Kota Bekasi telah maju pesat dari segi pembangunan maupun segi yang lain. "Makanya kita mau banget program Kota Cerdas terwujud, ya minimal di lingkungan terkecil ini. Kalau kita sadar untuk mewujudkannya, cita-cita bersama ini pasti bisa jadi kenyataan," ungkapnya.

Agus juga menyampaikan harapan warga agar Walikota Bekasi dapat hadir dalam acara peresmian C- Ling pada 7 Mei 2017 yang bertempat di lapangan Fasum RT 004 RW 04. "Warga sangat berharap lingkungan kita ditengok oleh Pak Wali. Ya ini bukti nyata kita agar Kota Cerdas terwujud secara bertahap," tuturnya. (Mulyono)

Berita pilihan

iklan12018090420_IMG-20180904-WA0015.jpg